Sejantan Salman, Setulus Abu Darda’ #RMD1

So Touch —

Sunday Sharing Diary

Seorang wanita Anshar, mukminah lagi shalihah, telah mengambil tempat di hati Salman. Tentu bukan sebagai kekasih. Melainkan sebuah pilihan dan pilahan yang dirasa tepat. Pilihan menurut akal sehat, dan pilahan menurut perasaan yang halus dan suci.

rmd1

Salman berfikir, melamar seorang gadis pribumi tentu menjadi sebuah urusan pelik bagi seorang pendatang. Harus ada seorang yang akrab dengan tradisi Madinah berbicara untuknya dalam khithbah. Maka ia pun meminta tolong kepada Abud Darda’, sahabat Anshar yang dipersaudarakan dengannya. Senang, Abud Darda’ pun memeluk Salman. Setelah persiapan dirasa cukup, berangkatlah mereka.

Saya adalah Abud Darda’. Dan ini adalah saudara saya, Salman seorang Persia. Allah telah memuliakannya dengan islam, dan dia juga telah memuliakan islam dengan amal dan jihadnya. Dia memiliki kedudukan yang utama di sisi Rasulullah Saw, sampai-sampai beliau menyebutnya sebagai ahli bait-nya. Saya datang untuk mewakili saudara saya ini melamar putri anda untuk dipersuntingnya,” fasih Abud Darda’ bicara dalam logat…

Lihat pos aslinya 469 kata lagi

Iklan

[EVENT]Berantas Buta Huruf Qur’an

Another Amazing Project –

Sunday Sharing Diary

Iqro’ bismirobbikalladzii kholaq
Bacalah dengan (menyebut) nama Rabb-mu yang menciptakan.
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
(Al-‘Alaq:1-5)

. . . . .

IMG_20140303_164346 (FILEminimizer)

Hai sob, kita bertemu lagi dalam suasana menjelang ramadhan. Kali ini kita ada gawe baru dengan tema “Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an“. Di momen ini kita ingin melakukan sebuah gerakan sederhana dengan membagi-bagikan IQRO, JUZ ‘AMMA, ataupun beberapa alat peraga lain yang dapat memudahkan proses belajar mengajar al-Qur’an.

Adapun di kegiatan kali ini kita fokuskan untuk menyediakan media pembelajaranya saja. Untuk pemanfaatannya kami serahkan sepenuhnya kepada pihak yang menerima donasi. Target penyaluran kali ini kami fokuskan untuk adik-adik panti asuhan, wakaf di masjid maupun untuk adik-adik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) yang belum mempunyai buku pegangan sendiri.

Harga untuk tiap buku kami anggarkan 15ribu rupiah…

Lihat pos aslinya 190 kata lagi

[REPORT]Karena Rasa Cinta dan Sayang Mestilah Berekspresi

Report of Project

Sunday Sharing Diary

Tebar Seragam Muslimah Tebar Seragam Muslimah

“Hai para gadis, mau ga nih tak kasih permen?” Tanyaku
“Mauuu… mauuu… mauuu…!” Jawab mereka serentak
“Nih, ambil salah satu?” Sambil kusodorkan kedua tanganku ke mereka
“Iiih mas jorok. Masak nawarin yang udah kebuka plastiknya!” Ujar salah seorang siswi.

. . . . .

Sebuah contoh sederhana yang bisa jadi satu pembelajaran buat kita. Segala sesuatu jika dikemas dengan apik dan rapi akan terlihat lebih berharga dan terjaga. Sederhananya, sesuatu tersebut mempunyai nilai ekslusif.

Begitu juga ketika bicara mengenai aurat. Jika diumbar, tak ayalnya seperti permen yang tak berbungkus. Bisa jadi kita diuntungkan dengan baunya yang sedap dan bentuknya yang menawan. Tapi tak bisa dipungkiri juga bahwasannya ia akan memancing berbagai macam kuman untuk duluan mencicipinya. Yap, kita kalah duluan buat dapat barang yang ekslusif.

Eh bentar-bentar…, kalo dipikir-pikir justru malah dapet bonus yah! Kuman yang nempel itu bisa ikutan kita cicipi. Maknyuss…!

Masak aurat dianalogikan…

Lihat pos aslinya 343 kata lagi

[SPECIAL EVENT]Tebar Seragam Muslimah SD

Another Project –

Sunday Sharing Diary

Manda mau ga pake baju kayak Rina?” tanyaku sambil menunjuk teman sekelas satu-satunya yang memakai rok dan baju lengan panjang lengkap dengan jilbab imutnya, khas busana muslimah.

Mmmmm….. ” belum sempat tanyaku dijawab, ia keburu lari menghindar. Malu sepertinya!

Di lain kesempatan, kembali kutanya ke Manda dengan sedikit perubahan redaksi.
Manda mau g tak kasih baju seragam muslimah?”
“Mau. Tapi nanti aja ya mas waktu naik ke kelas 5?” Jawabnya lirih disertai senyum khas yang mempesona.

. . .

Alhamdulillah, akhirnya mulai menemui titik terang. Manda, gadis kecil imut yang tak pernah bolong tunaikan kewajiban sholat 5 waktu ini akhirnya bersedia menjadi brand ambassador kegiatan ini. Proposal pun segera dirancang untuk sukseskan project.

Kali ini SSL team berkolaborasi dengan komunitas SPQL (Sang Pengejar Qiyamul Lail) menghadirkan sebuah gerakan baru dengan label SMD. Dan tebar seragam muslimah adalah kegiatan pembuka dari gerakan SMD ini.
Adapun gambaran…

Lihat pos aslinya 234 kata lagi