Seberapa ‘faham’kah anda tentang Islam ?

9066

Ketika Sholat Jum’at kemarin, di Masjid Baitul mukminin Perum Kijang Kencana 4 Tanjungpinang khatib menggebu nggebu menyampaikan pentingnya ‘faham’ tentang agamanya sendiri.

Sungguh sangat penting memang, bagaimana mungkin kita di lahirkan dalam agama Islam sedang kita sendiri kurang ‘faham’ tentang agama Islam.

Ironisnya, karena merasa sudah ‘besar’/’dewasa’ dan berumur, maka tak merasa butuh lagi ‘mengaji’. Duluu waktu TK, SD suka banget belajar agama di TPA, lalu setelah ‘gede’ tak lagi mengaji lebih dalam tentang agama kita sendiri. Ironis….

Ironisnya lagi, ketika sudah dewasa malah merasa ‘ringan’ hati melepas jilbabnya di depan umum, dan malah mengkritisi agamanya sendiri ketika ada orang yang mengamalkan ajaran Islam dengan jilbab yang panjang, kaki di atas mata kaki, suka ngaji, memelihara jenggotnya…..”ga gaul.., ga modern…. kampungan,… kuno… keibu-ibuan..” bahkan ada yang bilang itu terroris…. Na’udzubillahi min dzaalik..

Ironisnya… ketika di minta tabayyun, cross-chek… alHasil mereka mengerti tentang ajaran Islam pun tidak begitu faham. Alangkah indahnya, jika ketika mereka seharusnya ‘melihat’ kedalam diri dahulu sebelum berbicara, tidak serta merta berita di media atau dari orang yang ‘Awwam’ di telan bulat-bulat.

Allah ber firman,

Wahai orang-orang yang Beriman, apabila datang seorang fasiq dengan membawa suatu informasi maka periksalah dengan teliti agar kalian tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum karena suatu kebodohan, sehingga kalian menyesali perbuatan yang telah kalian lakukan

(QS. Al-Hujurat:6)

Tabayyun dulu, cross-check, tanyakan pada ahlinya, jangan sampai karena ‘Bodoh’nya kita, malah dengan mudah men’judge’ agama kita sendiri….

Sudahlaah saudara-saudaraku…….. Jaga Hati dari Dengki dan Hasud, Yuk kita ‘Ngaji” saja, sempatkan diri, luangkan waktumu untu belajar Agama Islam agar tidak mudah ter’makan’ oleh berita-berita yang tidak jelas..

Satu lagi ya dari firman Allah

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).”

[QS.Al-An’am 116]

Barakallahu fiykum,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s