Anak itu cerminan –

WP_20141026_038

 my young brothers…

Suatu hari yang lalu, saya di tugaskan untuk mengampu sebuah proyek sederhana tentang pemeliharaan jalan. Lalu ketika proses pengerjaan di lapangan ada salah seorang anggota yang datang mendekat padaku. 

“Pak, saya izin dulu jam 9 saya ada panggilan ke sekolah anak saya. “

Saya lihat rautnya tampak seperti ada masalah serius, ternyata setelah saya tanya bapak itu bercerita bahwa beliau di panggil karena anaknya yang SMP telah menghancurkan tembok sekolah yang baru di bangun untuk bisa bolos. Beliau sedih, beliau mengaku memang dulu nakal di sekolah tapi lum ada sejarahnya senakal nakalnya anak sekolah sampe menghancurkan tembok sekolah untuk bolos.

Ada hikmah yang kudapat dari obrolan singkat dengan bapak itu, akhir kata sebelum beliau pamit pergi, 

“Itulah pak, ketika anak mulai nakal. Saya teringat, ini mungkin karena kenakalan saya dulu dan tanggungjawab saya koreksi diri dan mendidik anak. Apalagi ibunya telah tiada karena kecelakaan.”

Pelajaran penting bagiku dari kejadian kecil ini, teringat kata-kata dari Hasan Al-Bashri,

“Ketika kamu melihat hal buruk dalam diri anakmu, koreksilah dirimu. Sesungguhnya Allah sedang memintamu untuk mengubah hal buruk yang ada dalam dirimu.”

Anak itu cerminan, 
Terima kasih Allah, telah berikan pelajaran, walau saya masih lajang.

Apapun jadinya dirimu sekarang,
Jika kamu ingin anakmu nanti berbakti padamu.

Jadilah anak yang berbakti sekarang juga dengan orang tuamu.
Lalu perhatikan apa yang terjadi. Ituu… 🙂

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.” (Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي

ROBBI AWZI’NI AN ASYKURO NI’MATAKALLATI AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOLIHAN TARDHOH, WA ASHLIH LII FI DZURRIYATIY” (Wahai Robbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal sholeh yang Engkau ridhoi dan perbaikilah keturunanku) (QS. Al Ahqof:15)

Tinggalkan Balasan

