BERJODOH

yato (4)

Buat saya, jodoh adalah semacam pertemuan takdir. Waktu yang memaksa dua orang untuk bertemu dengan alasan-alasan yang selalu penuh kejutan dan rahasia, untuk saling menggenapkan dalam sedih maupun bahagia.

Di sana, barangkali jodoh bukan semacam pertanyaan, tetapi jawaban: Semacam alasan untuk cinta yang kukuh dan keras kepala. Cinta yang meskipun dipenuhi banyak pertengkaran dan ketidakcocokan, harganya tak mungkin sebanding dengan dunia dan seisinya. Cinta yang entah bagaimana memberitahumu, sejak pertemuan pertama dengannya, tak mungkin melepasnya pergi… Cinta yang selalu membuatmu gugup, yang membuatmu sulit berkata-kata untuk menjelaskan semuanya, bahwa kamu mencintainya dan hanya ingin bersamanya.

Jika demikian, mungkin kita tak perlu peduli lagi pada pertanyaan-pertanyaan tentang jodoh. Sebab dengan atau tanpa pertanyaan itu, memang akan ada seseorang yang bisa membuat hatimu hangat—meski hujan tak berhenti sejak pagi. Akan ada seseorang yang membuatmu merasa baik-baik saja, meski kamu baru saja melakukan kesalahan paling memalukan. Akan ada seseorang yang entah bagaimana kamu tahu, bahwa dia memang jodohmu…

Tentu saja, tidak mudah untuk sampai pada pikiran dan perasaan semacam itu. Semua orang selalu butuh persiapan. Bahkan, kadang-kadang ada orang yang butuh semacam ‘pengalih perhatian’ sebelum bertemu dengan jodohnya yang sesungguhnya… Jodoh yang ketika kamu duduk bersama dengannya akan membuat pikiranmu tahu bahwa semua impian bisa dicapai, bahwa cinta bisa dipercaya, dan bahwa hidup memang lebih indah jika ada seseorang yang menemani kita untuk menjalani semuanya.

Tapi… Bagaimana cara menemukannya? Bagaimana cara sampai pada pikiran, perasaan, dan keyakinan semacam itu?

Mungkin kita perlu waktu…

FAHD PAHDEPIE
Penulis novel ‘Jodoh’ (Bentang Pustaka, 2015).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s